Jumat, 18 Maret 2011

OBAT BATUK HERBAL

 Sekitar 1 minggu yang lalu anak saya yang kecil berumur 1 tahun 9 bulan mengalami flu disertai batuk, karena batuknya lumayan parah maka terjadi juga radang tenggorokan yang menyebabkan badannya menjadi panas juga, kemudian oleh istriku dia diberi obat berupa campuran antara jeruk nipis dan kecap, ternyata setelah dua kali minum batuk anakku berkurang malah satu hari kemudian batuk dan radang menjadi sembuh. Caranya mudah banget kok :

1. Peras jeruk nipis ke dalam gelas kemudian tambahkan kecap secukupnya
2. Aduk hingga rata, berikan kepada anak cukup satu sendok makan saja
3. Tidak ada dosis tertentu karena ini adalah obat herbal

Cuman jadi penasaran juga ya apa sih sebenarnya kasiat dari jeruk nipis ini, setelah mencari informasi kesana kemari dapet juga informasi dari jeruk nipis ini dan sebaiknya saya share di sini sehingga bisa bermanfaat buat kita semua.
Beberapa manfaat buah jeruk nipis yang secara umum sudah diketahui sejak lama misalnya untuk:

1. Obat batuk. Umumnya, buah jeruk nipis dibelah, kemudian pada permukaan belahannya diberi olesan kapur sirih, dipanaskan, kemudian perasan airnya diminum bersama air jernih karena air jeruk nipis berfungsi sebagai pelancar dahak yang dapat menyebabkan batuk-batuk, hingga akan cepat dapat dikeluarkan. Akibatnya, rasa batuk-batuk akan dapat dikurangi. Ada pula yang mencampur air perasan buah jeruk nipis dengan buah cengkeh, kalau perlu ditambah gula-batu sedikit campur dengan air panas, setelah melarut baru diminum. Ini pun manfaatnya akan sama seperti cara di atas tadi.

2. Melemaskan rasa tegang pada otot, misal pada tangan, kaki, ataupun bagian lainnya, dengan cara: Air perasan jeruk nipis ditambah sedikit air, kemudian digosokkan hingga rata pada bagian yang dirasakan sakit atau tegang. Bahkan, ada pula air perasan buah jeruk ditambahkan ke dalam air hangat di dalam ember kecil, kemudian digunakan untuk merendam kaki bagian bawah maka rasa pegal-pegal atau sakit akan hilang secepatnya.

3. Menurunkan rasa panas badan, terutama pada anak-anak. Air perasan jeruk nipis ditambah selembar daun sirih, ditambah air hangat, digunakan untuk bahan pengompresan maka rasa panas akan cepat hilang kalau dibandingkan hanya dengan air tanpa campuran.

4. Obat antimabuk, yaitu sebelum atau selama perjalanan panjang meminum perasan air buah jeruk nipis, terutama bagi mereka yang biasa dilanda mabuk perjalanan. Bahkan, bagi orang-orang tertentu hanya dengan mencium bau remasan kulit jeruknya saja sudah lebih dari cukup untuk menghilangkan rasa mabuk di perjalanan walau perjalanan jauh pun.

5. Bagi mereka yang menderita gangguan pada saat buang air kecil maka meminum air perasan buah jeruk nipis ditambah gula batu sedikit agar tidak terlalu asam, ternyata banyak manfaatnya. Bahkan, kepenatan yang sering dialami oleh seseorang karena terlalu banyak menggunakan ”otaknya” dengan cara ini pun akan banyak membantu untuk meringankan.

6. Di lingkungan masyarakat Jawa, banyak ibu-ibu yang menggunakan air perasan buah jeruk nipis untuk mengecilkan dan ”mengeringkan” peranakan sehabis melahirkan dengan cara mencampur air perasan dengan kapur sirih, kemudian dijadikan parem, serta dibalurkan ke bagian perut selama 40 hari. Bahkan, ada pula yang kemudian membiasakan meminum air perasan buah jeruk tsb. yang dicampur sedikit garam, sedikit kapur sirih dengan air hangat.

7. Menghilangkan bau keringat, bau ketiak, serta bau badan lainnya. Air perasan buah jeruk nipis banyak membantu dengan cara mencampurkan perasan itu dengan sedikit kapur sirih, kemudian dijadikan obat gosok ke bagian badan yang menghasilkan bau tsb.

Masih segudang manfaat lainnya dari air perasan buah jeruk nipis di dalam kehidupan manusia sehingga oleh para pakar pengobatan tradisi diberi julukan ”buah dengan beribu manfaat”.

Karena selain sebagai bahan berkhasiat sebagai produk kecantikan, obat, perasan air jeruk nipis juga digunakan untuk menghilangkan bau amis akibat ikan ataupun senyawa lainnya pada gelas, piring, tempat-tempat lainnya, atau pada tangan sehabis membersihkan ikan. Juga untuk mengilapkan kembali barang-barang yang terbuat dari kuningan serta logam lainnya lagi banyak digunakan larutan yang mengandung air perasan buah jeruk nipis.

Bahkan sebelum beredar ”deterjen pemutih” terhadap pakaian karena terkena tinta atau bahan berwarna lainnya, banyak anggota masyarakat yang menambahkan terlebih dahulu air perasan buah jeruk nipis kepada noda-noda tsb. sebelum dicuci dengan hasil semua noda akan hilang dan pakaian tetap menjadi putih bersih.

0 komentar:

Posting Komentar